Sabtu, 19 Juli 2014

pendidikan bahasa inggris SMA

Pendidikan Bahasa Inggris Remaja SMA Balikpapan

Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Remaja SMA di Balikpapan

Seperti pada kota-kota lainnya di Indonesia, Balikpapan memiliki kurikulum yang sudah terstandarisasi, untuk pendidikan bahasa Inggris sekolahan, khususnya pendidikan bahasa Inggris untuk remaja SMA di Balikpapan, dimana mereka akan segera menghadapi Ujian Nasional yang akan menentukan masa depan di kehidupan karir mereka nantinya. Materi-materi yang dipelajari selama di SMA sedikit berbeda jika dibandingkan saat di Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan tentunya jauh berbeda jika dibandingkan dengan materi saat di Sekolah Dasar (SD).
Ketika sudah di SMA, pelajar diasumsikan telah paham akan materi dasar, seperti macam-macam Tenses, kosa kata umum, serta pembentukan kalimat tunggal dan majemuk. Dengan demikian, pada tahap ini pelajar difokuskan dalam ‘in-depth comprehension’ atau pendalaman pengertian bahasa itu sendiri. Pelajaran mencakup membaca (reading), mendengar (listening), berbicara (speaking) dan menulis (writing).
Reading kini tidak hanya sebatas membaca teks dari sebuah cerita, namun bisa dari berbagai macam medium lainnya, seperti artikel majalah, atau koran, potongan naskah berita atau film, dokumen penting seperti kontrak atau proposal, dan lain sebagainya. Kemudian konteks mencakup beragam jenis topik, seperti sejarah, politik, dan sampai dengan pariwisata. Lewat beragam jenis teks, dan tema yang diberikan, pelajar diharapkan untuk dapat menguasai teknik Skimming dan Scanning, dimana Skimming melatih kemampuan untuk membaca teks untuk memahami isi teks secara keseluruhan, sedangkan Scanning untuk melatih kemampuan mencari detil informasi dari teks.
Listening di sini guna melatih pemahaman pelajar saat mendengar percakapan atau monolog dalam bahasa Inggris. Tidak tertutup kemungkinan percakapan bahasa Inggris tersebut terdengar dalam berbagai macam aksen/dialek Inggris.
Speaking skills mencakup melatih kemampuan murid untuk berdialog ataupun membuat suatu monolog. Konteks bisa mencakup narasi cerita, peran drama, atau diskusi kelompok.
Writing kini tidak hanya berfokus kepada kemampuan murid untuk membuat cerita pendek dengan Grammar yang benar, namun juga kemampuan mereka untuk membuat cerita, atau dokumen tulisan lainnya dengan kalimat tunggal dan majemuk.
Pendidikan bahasa Inggris untuk remaja SMA di Balikpapan seperti di kota lainnya sudah mengalami perkembangan jauh, dan banyak soal-soal contoh yang bisa didapati dari berbagai jenis media, salah satunya internet. Dengan demikian mudah bagi siswa SMA untuk dapat belajar dengan sendirinya, namun tentunya tergantung motivasi diri mereka masing-masing. Perseverance comes with a reward. So, let’s start practicing!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar